Mengulik Sedikit Penjelasan Mengenai Lambang Pancasila

Lambang negara Indonesia adalah garuda Pancasila. Dimana lambang tersebut merupakan hasil karya dari Sultan Hamid II. Lambang pancasila berupa burung rajawali garuda pancasila. Burung tersebut mempunyai warna emas bahkan mengalungi perisai dengan gambar lima sila. Pada bagian tengahnya terdapat garis tebal sebagai gambaran garis khatulistiwa. Pastinya anda mengerti jika Indonesia telah dilalui garis khatulistiwa.

Burung tersebut mencengkram pita putih dengan tulisan sebuah semboyan bhinneka tunggal ika dengan artian berbeda-beda namun tetap satu jua. Lambang pancasila pertama kalinya telah diresmikan saat sidang kabinet RIS pada tanggal 11 Februari 1950. Garuda pancasila ini memang menjadi lambang negara setelah melalui sebuah seleksi. Panitia memang memiliki tugas memberikan seleksi untuk usulan lambang negara kepada presidennya.

Adanya sebuah usulan garuda sebagai lambang negara tersebut telah diajukan seorang Sultan Hamid II asal dari Pontianak. Burung garuda ini menjadi gambaran burung mandiri, kuat bahkan terbilang percaya diri. Burung energik serta dinamis ini mampu menguasai angkasa. Menariknya lagi burung tersebut melambangkan sebuah kebajikan, kekuatan, kesetiaan, keberanian, pengetahuan bahkan kedisiplinan.

Warna keemasan dari lambang negara garuda pancasila ini memang melambangkan sebuah kejayaan maupun keagungan. Bentuk ekor, paruh, cakar maupun sayap terbilang kokoh sehingga melambangkan sebuah kekuatan. Jumlah yang berada pada masing-masing bagiannya ternyata melambangkan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Jika anda melihat pada bagian dada burung garuda tentunya terdapat sebuah perisai. Dimana perisai ini lebih dikenal dengan peradaban masyarakat yang berada di Indonesia sebagai senjata pertahanan agar mampu meraih sebuah tujuan. Sedangkan pada bagian tengahnya terdapat pula garis hitam tebal yang mampu melambangkan sebuah garis khatulistiwa. Warna dasar dari perisainya ini memang merah putih sebagai lambang keberanian dan juga kesucian.

Kaki garuda yang mencengkram pita putih dengan tulisan semboyan negara Indonesia ini mempunyai arti berbeda-beda namun tetap satu jua. Tentunya negara Indonesia menjadi salah satu negara dengan keanekaragamannya. Itulah tadi sedikit ulasan terkait dengan lambang negara kita Indonesia yakni Garuda Pancasila. Semoga saja penjelasan terkait lambang pancasila ini bisa dimengerti oleh masyarakat.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>