Cara Alternatif Untuk Mengobati Kanker Pankreas

Sumber: Hellosehat

Dilansir dari Alodokter kanker pankreas adalah jenis kanker yang sering kali muncul dan tidak memiliki gejala yang jelas. Pancreas sendiri merupakan organ yang terletak di belakang lambung. Organ tersebut berfungsi menghasilkan hormone insulin yang mengatur gula dara serta menghasilkan enzim pencernaan untuk memecah makan pada usus. Kanker ini terjadi apabila sel-sel pankreas tumbuh secara tidak terkontrol yang diakibatkan dari perubahan sifat genetic.

Tahukah Anda penderita kanker pankreas ini mempunyai angka harapan hidup yang jauh lebih rendah apabila dibandingkan dengan kanker lainnya, yakni sekitar 4%. Hal tersebut terjadi karena gejala kanker pankreas tidak spesifik, sehingga biasanya baru diketahui saat kanker telah menyebar.

Maka dari itu sangat penting untuk diketahui untuk mewaspadai gejala kanker pankreas agar kanker tersebut bisa dideteksi lebih dini. Sehingga penanganan dapat diberikan lebih awal.

Namun, ada beberapa pilihan sebagai alternatif atau cara untuk mengobati kanker pankreas. Berikut ulasannya.

  1. Operasi 

Operasi sendiri ada beberapa pilihan seperti yang dijelaskan berikut ini

  • Operasi Whipple. Operasi ini dapat dilakukan dengan mengangkat kepala bagian pankreas. Sebagai penyembuhan, operasi seringkali menjadi saran dokter. Untuk operasi ini dilakukan oleh dokter bedah, di mana pertama-tama dokter akan mengangkat bagian usus kecil, kantung empedu, bagian saluran empedu, sebagian dari lambung.
  • Operasi pancreatectomy (pengangkatan organ pankreas)

Operas satu ini merupakan operasi yang dilakukan untuk mengangkat seluruh organ pankreas. Selain pancreas tersebut, saluran empedu, limpa, dan usus kecil serta setengah bagian lambung juga dapat diangkat oleh dokter. Hal tersebut hanya dilakukan apabila sel kanker sudah menyerang bagian pencernaan lainnya.

  1. Kemoterapi

Hampir sama dengan kanker lain pada umumnya, dokter pastinya akan menyarankan untuk melakukan pengobatan dengan kemoterapi untuk mengobati kanker pankreas. Pengobatan yang dilakukan dengan menggunakan obat-obatan atau zat kimia yang dipercaya dapat membunuh sel-sel kanker. Untuk kanker pankreas stadium akhir, kemoterapi bisa dilakukan bersama dengan terapi target untuk menghancurkan sel kanker. 

Terapi target sendiri merupakan erlotinib (tarceva) yang berfungsi untuk menghindari pertumbuhan sel-sel kanker.

  1. Radioterapi 

Radioterapi merupakan terapi radiasi yang dilakukan dengan memanfaatkan energy sinar X untuk menghancurkan semua sel kanker. Radioterapi tersebut dilakukan saat pasien sudah dioperasi atau dilakukan kemoterapi.

  1. Pengobatan di rumah

Tahukah Anda jika perubahan gaya hidup dan perawatan di lingkungan tempat tinggal dapat membantu menyembuhkan kanker termasuk kanker pankreas. Setelah didiagnosis serta bisa mendapatkan pengobatan. Anda bisa mencoba mencoba untuk menjalani pola makan hidup sehat seperti dirangkung di bawah ini.

Seperti yang dikatakan oleh Dr. Prabhleen Chahal, MD, yang berasal dari Cleveland Clinic gangguan pada pankreas ada baiknya mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi dan daging tanpa lemak. Berikut ini makanan yang baik untuk dikonsumsi

  • Sayuran 
  • Buah-buahan seperti anggur, ubi, wortel
  • Biji-bijian
  • Susu rendah lemak atau tanpa lemak

Saat Anda berada dalam fase penyembuhan, batasi mengkonsumsi buah seperti alpukat, minyak zaitun, ikan berlemak. Serta hindari untuk mengkonsumsi makanan seperti daging mereka, jeroan hewan, makanan yang digoreng, mayones, margarin atau mentega, susu penuh lemak, kue kering, minuman manis. 

Mengapa makanan tersebut perlu dihindari?

Karena pancreas umumnya akan memproses sebagian besar lemak yang Anda konsumsi. Jadi apabila semakin banyak Anda makan, maka semakin sulit kerja pankreas. Makanan yang memiliki lemak yang tinggi serta gula dapat membuat kadar trigliserida menjadi meningkat.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk pemahaman serta solusi terbaik bagi Anda dalam mengobati kanker pankreas.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>